rangka rumah

Mengenal Rangka Baja Ringan, Alternatif Pengganti Rangka Kayu

23 Mar No Comments

Mahalnya harga kayu membuat developer mencari material alternatif sebagai rangka bangunan. Rangka baja ringan menjadi salah satu pilihannya.

Rangka Baja Ringan untuk Konstruksi Bangunan

Rangka baja ringan merupakan produk struktural yang terbuat dari baja ringan dan tipis berkualitas tinggi dengan kekuatan setara baja konvensional. Produk struktural ini bisa dikelompokkan menjadi beberapa jenis berdasarkan pada nilai tegangan tariknya (tensile strength). Nilai dari tegangan tarikan baja ringan ini ditentukan berdasarkan pada kegunaan baja ringan tersebut.

Untuk baja ringan yang ditujukan sebagai produk konstruksi seperti kuda-kuda atap atau rangka atap, maka standar nilai tegangan tarik sekitar 550 Mpa sudah mampu menopang struktur atap bangunan. Sedangkan baja ringan untuk kebutuhan peralatan rumah tangga umumnya memiliki nilai tegangan tarik rendah sekitar 300Mpa atau 250 Mpa. Semakin rendah nilai tegangan tariknya, maka semakin lentur dan lunak baja ringan tersebut sehingga mudah dibentuk sesuai kebutuhan.

Semakin Tebal, Semakin Kuat

Seperti kayu, semakin tebal rangka baja ringan, maka semakin kokoh menahan beban konstruksi atap. Agar beban atap bisa tersebar merata, maka ketebalan setiap bagian atap dibuat berbeda. Sebagai contoh, untuk kuda-kuda dipakai baja ringan dengan tebal 0,45 sampai 1,00 mm. Sedangkan bagian kolom memakai baja ringan dengan tebal 1,00 – 2,00 mm. Bagian kolom bangunan sengaja memakai rangka baja ringan lebih tebal agar bisa menahan beban lebih besar.

Rangka baja ringan dianggap sebagai material konstruksi yang awet karena tak mengalami proses perkaratan. Hal ini disebabkan karena baja ringan dibuat dari material baja yang terdiri dari karbon dan besi (C dan Fe) yang kemudian dilapisi anti karat. Lapisan anti karat ini memastikan kerangka baja ringan tahan terhadap paparan sinar matahari maupun curahan air hujan dalam jangka waktu lama.

Jenis lapisan anti karat untuk rangka baja ringan di pasaran juga berbeda tergantung pada masing-masing produsen baja ringan. Beberapa jenis lapisan coating yang bisa Anda temui di pasaran diantaranya Galvalume atau Zincalume, Galvanized dan ZAM. Sementara untuk ketebalan lapisan anti karatnya juga berbeda tergantung pada komposisi bahan magnesium, zinc dan aluminium yang dipakai membuat lapisan coating.

Latest Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *