Memilih baja ringan untuk atap rumah

Tipe Genteng Metal untuk Model Atap Rumah Baja Ringan

24 Nov No Comments

Ada banyak jenis genteng untuk model atap rumah baja ringan yang bisa digunakan untuk menutup rangka yang terbuat dari baja ringan. Apa saja? Berikut ini ulasannya.

Atap tembaga

Mengenai jenis-jenis atap metal memang sudah disebutkan secara singkat dalam artikel sebelumnya. Salah satunya adalah jenis atap tembaga. Sesuai dengan namanya, jenis atap in merupakan jenis atap yang terbuat dari logam tembaga. Logam ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang akan dijelaskan lebih mendetail pada sub bab yang lainnya.

Jenis genteng tembaga ini merupakan jenis genteng yang sangat populer. Popularitasnya mungkin setara dengan popularitas genteng yang terbuat dari bahan beton. Jenis genteng ini populer digunakan untuk bangunan-bangunan yang besar karena sifatnya yang lebih cocok digunakan sebagai penghias. Contoh penggunaannya adalah seperti atap bangunan gereja, kubah dan juga bangunan-bangunan yang bersejarah. Hal ini karena sifat dekoratif yang dimilikinya.

Kelebihan logam tembaga sebagai atap

Sebagai salah satu komponen untuk membantun atap, genteng dari bahan tembaga ini memiliki cukup banyak kelebihan. Apa saja?

  • Kelebihan dari segi tampilan

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh atap dari bahan tembaga ini bisa dilihat dari segi tampilannya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, jenis atap tembaga ini emang sangat populer sebagai aksen dekoratif yang dimilikinya.

  • Kelebihan dari segi Ketahanannya

Selain memiliki kelebihan dari segi tampilan, ternyata atap dari bahan tembaga juga memiliki kelebihan dari segi ketahanannya. Genteng baja ringan dari bahan tembaga ini disebut-sebut dapat bertahan dalam jangka waktu 100 tahun tanpa mengalami kerusakan. Hal ini disebabkan karena jenis genteng dari bahan tembaga ini banyak ditemukan dalam bangunan-bangunan yang bersejarah hingga menjadi model atap rumah baja ringan.

Kekurangan yang dimiliki oleh tembaga sebagai atap

Jika ada kelebihan, pastinya ada kekurangan yang dimiliki oleh sebuah benda. Untuk kasus atap tembaga, kekurangan yang dimilikinya adalah dari segi sifat yang dimiliki oleh logam tembaga ini sendiri. Apa saja?

  • Membuat lingkungan lebih panas

Tembaga merupakan salah satu jenis konduktor panas yang sangat baik. Karena kemampuannya menghantarkan panas dengan baik, maka bangunan yang memiliki atap dari bahan tembaga ini sudah pasti memiliki hawa ruangan yang panas kecuali bagian atapnya dilapisi dengan bahan isolator yang lainnya.

  • Memiliki massa yang berat

Selain memiliki efek lingkungan yang lebih panas, jenis atap yang terbuat dari bahan tembaga ini juga memiliki massa yang lebih berat. Hal ini sesungguhnya bukan masalah yang besar, mengapa? Karena kita membahas atap yang dapat digunakan untuk menutup baja ringan. Masih ingat bukan jika baja ringan adalah sebuah produk yang memiliki kekuatan yang sangat tinggi? Dengan kekuatannya yang tinggi ini baja ringan dapat menopang bobot dari genteng baja ringan dengan jenis tembaga yang cukup berat ini sehingga sangat cocok digunakan sebagai model atap rumah.

Latest Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *