agar ASI berkualitas dan banyak

Tips agar ASI Berkualitas dan Banyak

20 Oct No Comments

Bagi orang-orang yang baru saja menikah, memiliki seorang buah hati adalah salah satu tujuan membina hidup berumah tangga. Tentunya dengan kehadiran seorang bayi, maka akan muncul tuntutan-tuntutan lain seiring bertumbuhnya anak. Sehingga untuk menjadi orang tua tentu harus mempersiapkan masa depan anaknya dengan matang dan baik. Salah satunya adalah dalam memberikan asupan gizi yang cukup untuk tumbuh kembang anak.

Salah satu asupan gizi yang penting adalah ASI. ASI diberikan oleh ibu yang baru saja melahirkan. ASI yang diberikan untuk pertama kali akan sedikit sulit untuk keluar dan ini adalah hal yang normal yang terjadi. Umumnya setelah dua sampai tiga hari setelah melahirkan ASI baru keluar. ASI eksklusif wajib diberikan pada bayi berusia 6-12 bulan. Bahkan pemerintah menjamin perlindungan bagi para ibu yang akan melaksanakan kewajibannya tersebut. Seperti yang diatur dalam pasal 6 Peraturan Pemerintah (PP) nomor 33/ 2012 tentang pemberian ASI eksklusif yang ditetapkan pada 1 Maret 2012 yang berbunyi “Setiap Ibu yang melahirkan harus memberikan ASI Eksklusif kepada bayi yang dilahirkannya”.

Untuk itu berikut adalah beberapa tips yang dapat diperhatikan agar ASI berkualitas dan banyak selama masa menyusui.

 

  1. Menyusui setiap 2-3 jam

Jadwal menyusui yang teratur akan semakin merangsang produksi ASI agar ASI berkualitas dan banyak. Terutama ketika bayi baru lahir. Bayi baru lahir biasanya minum ASI hingga 12 kali dalam sehari. Berikanlah ASI setiap 2-3 jam, bahkan ketika bayi sedang tidur. Hal ini agar nutrisi bayi tercukupi.

 

  1. Hindari penggunaan dot atau botol

Selama 6 bulan pertama bayi, menyusui harus menjadi satu-satunya cara bayi mendapat asupan makanan dan minumannya. Bahkan ketika Anda sudah memompa susu hingga berbotol-botol. Dengan menggunakan dot, bayi akan mengalami kebingungan manakah yang merupakan puting ibu, apalagi aliran dot atau botol lebih lancar dan kencang. Bisa-bisa bayi akan menolak disusui langsung oleh ibu. Hal ini akan membuat produksi ASI berkurang bahkan sampai berhenti.

 

  1. Makan makanan bergizi dan perbanyak konsumsi air mineral

Tips lain agar ASI banyak, yaitu selama masa menyusui, ibu memerlukan tambahan asupan kalori sebesar 300-500 kalori setiap hari. Makanan bergizi dan sehat akan meningkatkan produksi dan kualitas ASI agar pasokan ASI berkualitas dan tetap banyak. Tidak ada makanan tertentu untuk dikonsumsi, yang penting bergizi dan sehat. Rutin dan mencukupi kebutuhan air mineral juga akan membantu ASI agar terus diproduksi secara teratur.

 

  1. Mengetahui teknik menyusui yang benar

Posisi menyusui yang benar adalah dengan cara memastikan mulut bayi menempel betul pada payudara ibu. Mulut dan dagu bayi menempel pada payudara sehingga mulut bayi membuka lebar dan sebagian besar areola tertutup mulut bayi. Posisi puting dan lengan bayi sebaiknya berada pada satu garis lurus sehingga mulut bayi tidak terlepas dari puting ibu dan ASI dapat tersedot dengan optimal. Hal ini dilakukan agar ASI berkualitas dan banyak.

Latest Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *