usaha baru, memulai usaha

Tips Memulai Usaha Kuliner Untuk Pemula

26 May No Comments

Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang paling banyak diminati oleh konsumen. Bisnis ini juga tidak akan mati, karena setiap manusia pasti membutuhkan makan dan minum untuk kelangsungan hidupnya. Meskipun bisnis kuliner terbilang mudah untuk menjalankannya, namun tidak semua orang dapat menggeluti bisnis bisa bertahan lama. Hanya orang-orang yang bekerja keras dan tidak putus asalah yang dapat bertahan. Selain itu, dalam mengeluti bisnis ini sangat diperlukan inovasi dan kreatifitas. Karena dengan hadirnya para pesaing yang sangat banyak membuat bisnis ini semakin ketat. Maka dari itu, jika anda seorang pemula sebaiknya mengetahui terlebih dahulu beberapa tips dalam memulai bisnis usaha kuliner ini.

Target Pasar

Target pasar merupakan sebuah acuan untuk bisa merancang strategi pasar. Pada umumnya target pasar meliputi pekerjaan, umur, gaya hidup, pendapatan dan sebagainya. Jika anda sudah menentukan target pasar maka kedepannya anda akan lebih mudah menentukan strategi lainnya. Misalnya anda ingin membuka bisnis kuliner di area lingkar kampus maka target pasarnya mahasiswa. Maka dari itu, anda harus menjual makanan dengan harga yang terjangkau agar bisnis yang anda tekuni tersebut bisa laku. Dengan pasar yang tertarget maka anda tidak akan kesulitan saat menjual produk kuliner.

Memilih Lokasi Strategis

Sebelum menjalankan usaha ini anda harus terlebih dahulu menentukan lokasi. Karena lokasi yang baik akan membuat bisnis anda lebih banyak dikunjungi pelanggan. Selain itu anda juga bisa bergabung di sentra para pedagang kuliner agar bisa lebih mudah membidik pelanggan.

Selalu Berinovasi

Bisnis kuliner memang persaingannya semakin ketat, maka dari itu anda harus bisa menyiasati hal tersebut. Inovasi yang bisa anda lakukan meliputi, bentuk atau tampilan, rasa, cara penyajian dan kreasi dalam pembuatannya. Selain itu, inovasi yang dilakukan tersebut juga harus disesuaikan dengan target pasar.  Misalnya, target pasar anda ialah anak sekolah maka buatlah makanan dengan bentuk dan tampilan yang sangat menarik agar mereka berminat untuk membelinya. Inovasi dalam sebuah produk memang sangat penting agar konsumen tidak bosan untuk mengkonsumsi produk yang kita jual. Selain itu, anda juga bisa memberikan variasi baru kepada jenis makanan atau minuman yang akan anda jual.

Selalu Menjaga Reputasi

Pada umumnya bisnis kuliner yang dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama ialah yang bisa menjaga reputasinya di mata konsumen. Karena jika anda sedikit saja mengecewakan mereka maka akan berakibat buruk pada reputasi bisnis yang anda jalankan tersebut. Cara menjaga reputasi bisa anda mulai dari kebersihan makanan, pelayanan, rasa menu masakan dan tempat harus tetap dengan standar operasi yang baik. Dengan begitu konsumen tidak akan memberikan tanggapan yang buruk mengenai bisnis yang sedang anda jalankan tersebut.

Latest Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *